Tips Memulai Bisnis Jersey Bola sebagai Usaha Sampingan

Sepak bola termasuk olahraga yang paling populer di dunia, termasu tanah air. Pecinta  bola baik klub nasional maupun mancanegara pun terus tumbuh dan bergabung ke dalam komunitas yang seringkali ditandai dengan menggunakan kaos jersey bola. Bagi para pecinta bola, jersey bola sudah jadi item yang wajib dimiliki.

Bukan hanya saat menonton pertandingan secara langsung atau nobar bersama fans club lainnya, jersey bola bisa juga membuat tampilan lebih keren dan trendi di luar lapangan misalnya saat nongkrong di mall. Bahkan, jersey bola kini bukan hanya dikenakan oleh kalangan pria dewasa, tapi juga memikat kaum perempuan dan anak-anak yang mulai menyukai dunia sepakbola.

Melihat besarnya bisnis yang bisa didapat dari pembuatan dan penjualan jersey bola, tidak heran jika usaha di bidang ini pun terus tumbuh. Permintaan pun meningkat dan persaingan untuk menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga terbaik pun tak bisa dielakkan. Jika berniat menjajal bisnis membuat jersey bola sebagai usaha sampingan, ada beberapa tips yang harus diperhatikan.

Mengikuti Perkembangan Dunia Sepakbola

Tak kenal maka tak sayang. Prinsip ini jadi modal penting dalam terjun ke bisnis pembuatan dan pemasaran jersey bola. Jika ingin membuat bisnis printing jersey bola, maka Anda harus mengenali seluk beluk dunia sepakbola dalam dan luar negeri.

Pahami klub-klub bola yang memiliki basis penggemar yang cukup luas. Dapatkan informasi ini baik dari media cetak maupun media online. Bukan hanya selalu update tentang tim dan pemain dari klub sepakbola, tapi juga mengetahui perkembangan informasi merchandise sepak bola sehingga dapat mengikuti tren yang sedang digemari pecinta bola.

Terlibat Dalam Komunitas

Kunci utama sukses dalam bisnis jersey bola adalah mengetahui kebutuhan pasar merchandise di komunitas-komunitas fans klub sepak bola. Ikut komunitas untuk memahami hal-hal yang diinginkan para anggota komunitas atau fans tim sepak bola. Biasanya mereka suka mengoleksi jersey bola dalam berbagai model sehingga jadi pasar yang cukup luas.

Hindari Pelanggaran Hak Paten

Kebanyakan klub sepakbola ternama memiliki merchandise resmi yang dijual di toko-toko tertentu. Agar tidak terbentur pelanggaran hak paten yang dilindungi undang-undang, ada baiknya untuk memiliki desain sendiri ketimbang meniru desain jersey bola resmi. Selain menjadikan koleksimu memiliki nilai tersendiri yang unik dan berbeda, Anda pun terhindar dari risiko melakukan pelanggaran hukum.

Rencanakan Produksi yang Tepat

Anda tentunya tak ingin merugi saat memulai bisnis apa pun, termasuk dalam pembuatan jersey bola. Jangan hanya terbawa euforia atau tren semata, tapi pikirkan rencana dengan matang. Mulai dengan membandingkan dan mempertimbangkan mesin printing jersey bola yang sesuai dengan bujet dan rencana produksi.

Jangan sampai salah membeli mesin printing jersey bola yang sulit memenuhi permintaan konsumen, sebaliknya memiliki terlalu banyak fitur yang sebenarnya jarang digunakan untuk bisnis kecil-kecilanmu. Selain itu, perhatikan momentum yang tepat, misalnya penjualan jersey bola akan meroket saat ada event-event besae seperti pertandingan tim-tim favorit, event piala dunia, liga-liga besar, hingga pertandingan persahabatan.

Selain itu, sebisa mungkin prediksi tim mana yang kira-kira jadi jagoan sehingga memperbanyak desain jersey untuk tim bola tersebut. Berdasar pengalaman, para fans darii tim yang kalah akan berpindah ke tim favorit juara dan akan membeli jersey bola lagi. Jika hitungan dan prediksimu kurang tepat, bisa-bisa hanya menumpuk jersey bola yang tidak laku akrena tim terus-menerus mengalami kekalahan.

Go Online

Setelah merencanakan desain dan proses produksi yang akan dijalankan, jangan lupa juga memperhatikan metode pemasaran yang diinginkan. Di era digital seperti sekarang ini, berjualan lewat e-commerce atau memanfaatkan media sosial jadi salah satu cara jitu untuk memasarkan produksimu. Biasanya, jersey bola yang sesuai pesanan alias customized paling banyak dicari.

Pecinta bola dapat memilih jersey bola dengan mode, warna, nomer, dan nama yang dicetak di bagian punggung sesuai keinginan pelanggan. Anda bisa memanfaatkan toko online yang nyaris tak membutuhkan biaya. Tapi jika punya kemampuan untuk mendesain dan memegang situs, ada baiknya membuka website sendiri yang memudahkan konsumen untuk mencari jersey bola yang diinginkan.

Pertimbangkan Harga

Membuka toko secara online memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada harga jersey bola. Hal ini membuat Anda dapat menghemat biaya sewa toko hingga tenaga kerja untuk menjaga toko offline. Cari cara-cara untuk mendapatkan keuntungan besar dengan memasang harga yang bersaing tapi tetap dengan mempertahankan kualitas jersey bola, sehingga bisa menjaring pelanggan dan konsumen tetap.

Pertahankan Kualitas Jersey Bola

Ada harga ada rupa. Biasanya semakin mahal harga jersey bola, kualitasnya semakin bagus. Jangan mempertaruhkan kualitas demi menekan harga dan mendapat keuntungan besar, tapi akhirnya berujung pada ketidakpuasan pelanggan karena kualitas kaus yang buruk. Pastikan memilih bahan terbaik dan investasikan dana pada mesin printing jersey bola yang baik. Pertahankan kejujuran dalam mendeskripsikan kualitas jersey bola yang dihasilkan karena akan memberi nilai lebih yang menarik pelanggan untuk datang.

Pemasaran yang Efektif

Kini banyak sosial media yang dimanfaatkan untuk menjual jersey bola. Walau cukup murah dan efektif, perhatikan cara-cara untuk mempromosikan produk agar jangan sampai dianggap SPAM dan justru membuat calon konsumen jadi terganggu. Rencanakan metode pemasaran yang dianggap cukup efektif dan sasar tagert pasar yang lebih luas. Manfaatkan momentum yang ada dan dongkrak keuntungan yang didapat dengan memberikan promosi menarik, misalnya potongan harga hingga bonus pembelian yang diberikan untk konsumen setia.

Lengkapi Pilihan Produk

Konsumen lebih memilih berbelanja di satu tempat ketimbang harus melakukan survey dan membandingkan produk dari berbagai toko. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui pentingnya kelengkapan produk yang ditawarkan.

Jersey bola misalnya, jangan hanya fokus pada tim sepakbola lokal, tapi perluas pasar dengan menawarkan jersey bola dari klub terkenal mancanegara. Selain jersey bola, tidak ada salahnya memperluas pemasaran dengan menyediakan merchandise lainnya, mulai dari syal, topi, hingga aksesoris.

Konsisten

Selain melakukan berbagai strategi di atas untuk meraih kesuksesan saat merintis bisnis sampingan jersey bola, diperlukan komitmen dari Anda untuk mengembangkan usaha. Kesuksesan berawal dari diri sendiri yang mampu mempertahankan konsistensi, baik dalam semangat memasarkan, konsisten menjaga kualitas, hingga terus memperbaharui informasi tentang dunia sepakbola dalam dan luar negeri.

Semoga tips-tps di atas bermanfaat dalam meraih kesuksesan saat menjalankan bisnis printing jersey bola. Berawal dari hobi, bisa jadi usaha sampingan ini mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar dan membantu membuka lapangan kerja yang bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri namun juga masyarakat sekitar. Siap membuka usaha membuat dan memasarkan jersey bola buatan sendiri? Jangan tunda lagi, wujudkan mimpi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

My Cart
Cart
Open chat
1
Halo mau konsultasi seputar mesin printing? Hubungi kami via whatsapp
Powered by