Tips dan Trik Dapatkan Kaos Jersey yang Keren dan Menarik

Siapa yang tak mengenal jersey? Diidentikkan dengan kaos yang dipakai oleh penggemar tim sepakbola atau pecinta olahraga, kini makin banyak usaha printing jersey yang bermunculan. Jika ingin mendapatkan kaos jersey yang unik dan menarik, tidak ada salahnya membuat jersey dengan desain buatanmu sendiri.

Tapi sebelumnya tidak ada salahanya mengetahui proses printing dan memindahkan desain menjadi jersey yang diinginkan selama ini. Metode yang banyak digunakan untuk membuat jersey adalah printing sublimasi. Tipe printing ini memang tidak asing dalam dunia pencetakan, yang mungkin lebih populer dengan istilah transfer printing merujuk pada proses pencetakan yang dilakukan dari gambar pada kertas transfer ke media cetak.

Kertas Transfer

Salah satu alat yang dibutuhkan dalam metode printing sublime ini adalah kertas khusus yang digunakan untuk memindahkan gambar. Bisa berupa HVS, inkjet, kertas sublimasi maupun double matte. Cukup sesuaikan jenis kertas media transfer yang ingin digunakan, tergantung pada teknik pencetakan yang digunakan.

Mesin Printing Jersey

Teknik printing untuk jersey dilakukan dengan menggunakan printer yang dapat mencetak pada kertas transfer yang besar, minimal 160 sentimeter. Kertas yang diinginkan sebagai media transfer pun tidak bisa langsung dipakai, tapi harus diberikan perlakuan rolling pada suhu minimal 200 derajat Celcius di atas kain tempat cetak untuk sublimasi.

Kualitas jersey yang dihasilkan pun bukan hanya tergantung pada kertas sebagai media transfer tapi juga tinta yang digunakan dan mesin printing. Untuk mendapatkan mesin printing yang menghasilkan kualitas jersey yang baik dan mudah digunakan, dapatkan di toko yang khusus menjual mesin printing jersey.

EPSON F6330 Sublimation Printer

Kelebihan Teknik Sublimasi untuk Mencetak Jersey

Kini, metode sublimasi banyak dipakai oleh usaha pencetakan jersey karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Dengan memilih usaha pencetakan jersey yang menggunakan teknik ini, Anda memungkinkan untuk membuat jenis desain yang tampak full di seluruh bagian jersey. Selain itu, memesan jersey dalam jumlah banyak pun lebih mudah dilakukan, bahkan jika memiliki desain yang berbeda karena mesin printing ini mampu membedakan pekerjaan untuk setiap desainnya.

Anda pun bisa memilih warna dari banyaknya variasi yang ditawarkan karena warna digital lebih mudah untuk dipilih. Kaos jersey bukan hanya tampil menarik dengan warna pilihanmu, proses pengerjaannya pun lebih cepat selesai karena proses pengeringannya pun lebih cepat dengan menggunakan mesin hot-press.

Kekurangan Mesin Printing Jersey

Selain memiliki keunggulan, mesin printing jersey yang menggunakan teknik sublimasi ini juga punya kekurangan yang harus disiasati, Misalnya jika ingin memproduksi kaos jersey dengan bujet rendah, maka teknik sublimasi ini jadi pilihan yang kurang tepat.

Selain itu, salah memilih tinta dan kertas transfer, maka hasil cetak jersey pun tidak sebaik yang diharapkan. Tinta dan kertas transfer yang baik pun harganya cukup mahal sehingga berpengaruh pada biaya produksinya. Selain menentukan ketajaman warna dan daya tahannya, kertas transfer berkualitas buruk akan membuat hasil jersey jadi luntur dan daya tahannya pun rendah. Menggunakan teknik sublimasi ini pun hanya bisa digunakan untuk bahan polyester yang tahan pada suhu tinggi.

Setelah mengetahui proses pencetakan menggunakan metode sublime, kini kenali langkah-langkah untuk mewujudkan jersey yang keren dan menarik.

Temukan template jersey yang diinginkan

Anda bisa membuat sketsa jersey yang diinginkan. Cari inspirasi dari internet atau mendesain sendiri sesuai dengan keinginan maupun saran dari komunitas yang diikuti. Tinggal pindahkan ke komputer dan sempurnakan dengan bantuan aplikasi desain grafis, seperti adobe photoshop atau corel draw.

Anda pun bisa memilih templaye jersey yang dibedakan berdasar 3 jenis kerah, yaitu bunda, v-neck, dan polo berkancing. Begitu juga bentuk lengannya, jersey biasa untuk kaos bola maupun futsal, basket dengan baju tanpa lengan, atau jersey motocross berlengan panjang.

Tentukan warna yang digunakan pada jersey

Setelah membuat template di komputer, tentukan warna yang cocok untuk desain jersey yang diinginkan. Ada baiknya memilih bahan kain dasar berwarna putih atau cerah agar tinta khusus yang digunakan warnanya tidak tenggelam oleh warna kain dasar. Selain itu, tidak ada salahnya menggunakan warna-warna tinta sesuai dengan kepribadian.

Penentuan warna ini nantinya dapat diisikan pada kolom elemen yang berisi badan, lengan, list lengan dan kerah. Keempat komponen ini wajib diwarnai dengan menekan tombol petunjuk pilihan warna yang tersedia pada layar komputer.

Penambahan logo atau sponsor

Tidak jarang jersey dipesan untuk tim sepakbola atau komunitas olahraga yang diikuti. Untuk membuat kaos jersey tampak berbeda, tidak sedikit yang menambahkan logo atau sponsor. Anda dapat menambahkan logo atau sponsor dalam format jpeg atau png dengan ukuran maksimal 1000 x 1000 pixel.

Tapi tidak disarankan untuk mengunggah gambar berformat png agar gambarnya tidak terdapat latar belakang putih atau hitam di luar gambar jika tidak berbentuk persegi panjang. Lalu cantumkan logo atau sponsor yang diinginkan.

Desain depan dan belakang

Untuk membuat desain jersey makin menarik, ada dua sisi kaos yang dapat divariasikan, yaitu pada bagian depan dan belakang. Di area dada, Anda bisa menyematkan motif tertentu, seperti garis-garis maupun logo yang dapat mengoptimalkan tampilan desain jersey agar makin menarik.

Jangan lupa sertakan nama atau tambahan desain lain di bagian belakang, bisa juga nomor punggung. Tapi sebaiknya jangan memadati kaos dengan aneka warna maupun motif yang justru membuat tampilan jersey tampak norak atau berlebihan. Benahi bentuk dan ukuran huruf, letak maupun posisi logo, sponsor maupun desain yang dikehendaki.

Cek kembali desain jersey yang diinginkan

Setelah memilih template, menentukan warna yang diinginkan, dan menata letak warna, logo, sponsor, maupun motif, kembali cek secara keseluruhan untuk mendapatkan tampilan jersey yang diinginkan. Sayangnya, kebanyakan orang seringkali mengabaikan langkah terakhir ini sebelum mencetak desain ke kaos jersey dan berakhir menyesal karena ada detil yang terlupakan.

Selalu luangkan waktu untuk mengecek kembali hasil desain kaos jersey untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang fatal, sehingga uang yang dikeluarkan akan sebanding dengan hasil yang didapat. Setelah merasa yakin dengan desain kaos jersey, baru beri persetujuan untuk mencetaknya ke bahan kain yang sudah dipilih.

Ada baiknya menyerahkan pembuatan kaos jersey pada pihak yang profesional dan berpengalaman. Jangan lupa pastikan beberapa hal yang dipertimbangkan, misalnya kualitas jersey yang diinginkan, harga yang ditawarkan, kualitas warna dan ketahanan material, ketepatan waktu penyelesaian jersey, hingga respon yang diberikan pada konsumen.

Menemukan jasa printing jersey pun kini tak lagi sulit karena kemajuan teknologi memberi pilihan yang tak terbatas. cukup lihat hasil karya di media sosial lalu bandingkan dengan jasa printing lainnya untuk mendapatkan kualitas dan harga terbaik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

My Cart
Cart
Open chat
1
Halo mau konsultasi seputar mesin printing? Hubungi kami via whatsapp
Powered by